Membuat blog dengan menggunakan domain sendiri

Sebenarnya sudah banyak yang mengetahui hal ini, namun tulisan ini saya persembahkan buat salah satu sahabat saya yang beberapa hari lalu menanyakan hal ini (Membuat Blog Dengan Menggunakan Domain Sendiri) via Yahoo Messanger atau yang lebih populer “YM” dan mungkin saja tulisan ini berguna bagi yang belum mengetahuinya. Faktor utama untuk memulai blog dengan menggunakan nama domain (sudah tentu anda harus paham/mengerti arti dari domain) adalah anda harus terlebih dahulu memesan nama domain yang available dalam arti belum didaftar/dibeli oleh siapapun melalui pihak ke-3 yang menyediakan jasa “Register Domain” dan biasanya dengan harga yang bervariasi untuk jangka waktu tertentu (untuk domain biasanya minimal 1 tahun masa kontrak/sewa).

Domain itu sendiri ada bermacam-macam extension  dan yang umum adalah Com (Comersial), Net (Networking), Org (Organization), Biz (Business), Info (Information). Setelah itu faktor yang tak kalah pentingnya adalah Hosting/host yang bisa dikatakan tempat dimana kita bisa menitipkan file-file untuk dipublikasikan kepada orang lain dan tentunya tidak gratis :), biaya untuk hosting sendiri bervariasi, untuk di Indonesia (Yang menerima Rupiah) coba anda lihat di Servage.net/Nicspace.com/Imediabiz.com namun masih banyak yang lain yang tidak sempat saya tulis disini, dan jangan lupa carilah tempat penyewaan hosting yang profesional dan bertanggung jawab, supaya anda tidak kecewa dan selalu melakukan back-up file-file anda secara berkala, karena namanya juga hardware & software “Tidak ada yang sempurna”.

Nah, sampai disini keinginan anda untuk memiliki blog dengan domain sendiri tinggal selangkah lagi dan bisa saya katakan “mudah” untuk melakukannya, karena tidak diperlukan pemahaman secara detail tentang Design dan web programming, karena saat ini sudah banyak CMS (Content Management System) yang sudah dibuat oleh beberapa orang yang rela meluangkan waktunya untuk meng-coding CMS tersebut dan memberikan kepada kita tanpa dipungut biaya apapun dan bahkan kita juga bisa menggunakan berbagai templates atau themes dengan beragam design dan bisa dikatakan sesuai dengan keinginan kita. Salah satu CMS yang sangat populer dikalangan para blogger adalah Wordpress berikut joomla,  Mambo dan lainnya. Saya sendiri lebih memilih Wordpress, karena menurut saya faktor Vulnarabilitiesnya yang lebih cepat di patch oleh wordpress team dan juga mungkin karena pada saat saya mulai nge-blog CMS yang saya gunakan adalah  Wordpress.

Untuk CMS yang lain mungkin saja baik namun anda silahkan mencobanya sendiri. Setelah anda meregister domain, hosting dan telah mentransfer/melakukan pembayaran, maka anda akan mendapat email konfirmasi dari hosting provider, tempat dimana anda menyewa jasa yang disediakan oleh mereka tentang data-data hosting (login dan password) dan data lainnya tergantung pada provider hosting anda. Untuk memulai instalasi, anda cukup melakukan login ke cPanel. Bagi yang belum mengetahui cPanel, cPanel itu adalah singkatan dari “Control Panel” untuk memudahkan anda sebagai administrator untuk mengontrol hosting tersebut. Setelah anda logon didalam cPanel, melalui feature Fantatisco (Apa itu Fantatisco? Fantatisco itu bisa dikatakan semacam CD installer (sources) untuk software-software tertentu kalau untuk di PC namun kalau di hosting, Fantatisco itu adalah directory/tempat dimana didalamnya tersimpan CMS-CMS ataupun aplikasi lainnya yang membantu, agar kita bisa “lebih mudah” untuk membangun sebuah web/auto install) anda akan menemukan CMS wordpress. Klik pada wordpress untuk memasuki menu berikutnya dan akan menampilkan menu seperti gambar dibawah ini :

Install Wordpress

Kemudian kita pilih/klik pada menu “New Installation”, dan akan menampilkan menu seperti pada gambar dibawah ini :
Install Wordpress

Isilah kolom-kolom yang diminta untuk proses instalasinya, setelahnya semua kolom sudah terisi klik “Install Wordpress” untuk memulai proses instalasi, dan jangan lupa setelah proses instalasi selesai masukan email agar semua data instalasinya terkirim ke email anda.Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar anda!!!!!....